Deretan Caleg dari Kalangan Artis, Lolos dan Gagal ke Senayan

Editor : |

Jumat, 17 Mei 2019 - 03:52 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ilustrasi (int).

Ilustrasi (int).

JAKARTA — Pesta demokrasi serentak telah usai digelar. Pada Pemilu 2019 ini meliputi pemilihan presiden-wakil presiden, juga anggota legislatif mulai tingkat daerah hingga pusat.

Dalam pertarungan memperebutkan posisi anggota DPR RI, banyak pihak yang terjun dalam percaturan politik ini.

Mereka mulai politisi senior, pengusaha, orang biasa, hingga artis di dunia hiburan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam pemilu kemarin, terdapat lebih dari 80 artis, baik dari bidang seni peran maupun tarik suara yang menjadi calon anggota legislatif DPR RI di berbagai daerah pemilihan.

Namun, dari hasil pemungutan suara 17 April kemarin, perolehan suara masing-masing kandidat sudah dapat diketahui, berdasarkan penghitungan yang dilakukan pihak secara mandiri oleh berbagai pihak maupun lembaga survei.

Dari hasil penghitungan tersebut, diketahui hanya sedikit artis yang berhasil memenangkan suara masyarakat sehingga mendapat posisi di Senayan untuk periode 2019-2024.

Artis yang Lolos ke Parlemen

1. Krisdayanti
Berdasarkan penghitungan suara Pileg 2019 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, penyanyi Krisdayanti mendapat perolehan 132.131 suara. KD jadi caleg di Daerah Pemilihan (dapil) Jatim V yang meliputi Malang, Kota Malang, dan Kota Batu.

Di sana, ia berhasil mengantongi suara tertinggi untuk partainya, PDI-Perjuangan. Bahkan KD mengalahkan Wasekjen PDI-P Ahmad Basarah yang menjadi rivalnya di dapil.

2. Arzeti Bilbina
Masih dari Jawa Timur, di Dapil I, aktris Arzeti Bilbina juga mendulang suara tinggi dari masyarakat. Model sekaligus presenter ini mengumpulkan 53.185 suara di Surabaya dan Sidoarjo. Dalam pencalonan kemarin, ia maju dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan mendapat suara kedua terbanyak di partainya.

3. Rieke Diah Pitaloka
Sosok artis yang sudah cukup lama berkiprah di dunia politik, Rieke Diah Pitaloka, diprediksi kembali memenangkan suara masyarakat dan melangkah ke Senayan menjadi anggota dewan untuk kesekian kalinya.

Rieke yang berasal dari PDI-Perjuangan, mendapat 169.729 suara di Dapil VII Jawa Barat yang meliputi Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Bekasi.

4. Nurul Arifin
Aktris kawakan Nurul Arifin yang mencalonkan diri dari Partai Golkar di Dapil I Jawa Barat juga diprediksi masuk ke jajaran dewan Senayan untuk 2019-2014 mendatang. Nurul yang pernah mencalonkan diri menjadi calon wali kota Bandung mendapatkan dukungan 35.713 di dapilnya.

Ia memang dikenal sudah lama meninggalkan dunia keartisan dan total menjalani dunia politik semenjak menjadi anggota dewan.

5. Tommy Kurniawan
Aktor sekaligus presenter Tommy Kurniawan mendapat banyak dukungan dari masyarakat di Dapil V Jawa Barat. Dukungan sebanyak 33.988 suara itu diperkirakan berhasil mengantarkannya menuju Senayan.

Dalam pemilu kali ini, Tommy maju dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sebelumnya ia maju menjadi calon legislatif dari Dapil III Banten, namun gagal menjadi anggota dewan.

6. Primus Yustisio
Masih dari Dapil V Jawa Barat, aktor peran Primus Yustisio diprediksi kuat melaju ke Senayan mewakili masyaraat Kabupaten Bogor. Primus dari Partai PAN kembali mendapat kepercayaan masyarakat untuk duduk di kursi dewan.

7. Olla Ramlan
Partai Nasdem tercatat sebagai partai yang paling banyak mengusung caleg artis. Dari sekian banyak calegnya yang berasal dari dunia keartisan, Olla Ramlan menjadi satu yang diprediksi berhasil lolos. Kali pertama terjun ke dunia politik, Olla memperoleh 11.599 suara di Dapil IV Jawa Barat, meliputi Kabupaten Sukabumi dan Sukabumi.

8. Desy Ratnasari
Di Dapil IV Jawa Barat yang meliputi Kabupaten Sukabumi dan Sukabumi, seniman peran Desy Ratnasari mendapat  86.450 suara. Ia maju dari Partai Amanat Nasional (PAN), dan dengan perolehan tersebut ia diperkirakan akan menduduki kursi dewan di Senayan untuk 5 tahun ke depan.

9. Rachel Maryam
Sementara itu, dari Dapil II Jawa Barat (Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat), pemain film Rachel Maryam juga bernasib sama dengan Desy yang berhasil mengalahkan pesaingnya dan diprediksi maju ke DPR RI. Politisi asal Partai Gerindra ini berhasil meraih 146.636 suara. Hal ini dibenarkan oleh Wasekjen Partai Gerindra, Andre Rosiade.

10. Nico Siahaan
Dari Dapil ‘neraka’, Dapil  I Jawa Barat, presenter lawas Nico Siahaan diprediksi lolos ke Senayan dengan mengantongi dukungan terbanyak di partainya, PDI-Perjuangan.

11. Kirana Larasati
Dari dapil yang sama artis peran Kirana Larasati juga diperediksi berhasil  maju ke Senayan. Kirana mendapatkan dukungan sejumlah 32.475 suara. Aktris yang banyak membintangi sinetron dan FTV ini maju dari PDI-Perjuangan, sama seperti Nico.

Artis yang Gagal Duduki Kursi Dewan

Memiliki nama tenar tidak menjamin artis-artis ini lolos menjadi anggota DPR untuk periode 2019-2024 di pemilu 17 April 2019.

Faktanya popularitas yang dimiliki tidak mampu membawa caleg artis ini melangkah ke Senayan.

Dikutip merdeka.com, Kamis (16/5), berdasarkan hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU), inilah beberapa caleg artis yang gagal melenggang ke Senayan di pemilu 17 April 2019.

1. Manohara Odelia
Artis cantik Manohara gagal bersaing dengan caleg-caleg lain dari Dapil Jawa Timur I meliputi Surabaya-Sidoarjo di Pemilu 2019. Berdasarkan rekapitulasi KPU, Manohara yang maju dari Partai NasDem hanya mendapatkan 6.865 suara.

2. Emilia Contessa
Penyanyi senior Emilia Contessa caleg PAN juga gagal karena hanya meraih 29.652 suara. Emilia Contessa maju dari Dapil IV Jawa Timur meliputi Lumajang dan Jember.

3. Denada
Putri Emilia, yakni Denada yang sama-sama menjadi caleg dari PAN maju dari Dapil Jatim 8 meliputi Kabupaten dan Kota Mojokerto, Kabupaten dan Kota Madiun, Nganjuk dan Jombang, hanya mendapatkan 43.573 suara gagal ke Senayan.

4. Venna Melinda
Venna Melinda juga salah satu artis yang tidak lolos ke Senayan. Venna maju dari Partai NasDem Dapil Jawa Timur VI. Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU Venna mendapatkan 57.060 suara.

Sebelumnya Venna menjadi anggota DPR periode 2014-2019 dari Partai Demokrat. Saat Pemilu 2019, Venna memutuskan pindah ke Partai NasDem, sayangnya dia gagal menjadi anggota DPR periode 2019-2024.

5. Ahmad Dhani
Artis papan atas yang tidak lolos ke Senayan yakni Ahmad Dhani. Dhani maju dari Partai Gerindra Dapil Jawa Timur I meliputi Surabaya-Sidoarjo. Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU Dhani hanya mampu meraup suara 40.148 suara

6. Giring Ganesha

Artis Giring Ganesha harus menerima tidak lolos ke Senayan, walau keduanya mampu meraup suara positif di Dapilnya masing-masing. Hali ini, karena partai tidak mencapai ambang batas parlemen sebesar 4 persen.

Mantan vokalis band Nidji, Giring Ganesha maju dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Dapil Jawa Barat I meliputi Kota Bandung dan Cimahi. Mampu meraup suara cukup tinggi 47.069 suara. Namun langkah Giring menduduki kuris DPR harus terhenti karena suara PSI untuk sementara berdasarkan penghitungan KPU mendapat 1,71 persen.

7. Chocky Sitohang
Nasib serupa juga dialami presenter ternama Chocky Sitohang, caleg Partai Perindo ini mampu meraup suara 38.132 suara dari Dapil Jabar I. Chocky gagal ke Senayan karena suara perindo di bawah ambang batas perlemen 4 persen. Sementara berdasarkan penghitungan KPU perindo mendapatkan 2,66 persen.

Facebook Comments Box

Editor :

Berita Terkait

KPU Jeneponto Gelar Peluncuran Pilkada 2024, Masyarakat Antusias Sambut Pesta Demokrasi
PPK Batang Jeneponto Butuhkan 58 Petugas Pantarlih
Luncurkan “Si Katan”, Bantaeng Mulai Tahapan Pilkada Serentak 2024
Tim IAS Ajak Masyarakat Menyongsong Pilgub Sulsel yang Kondusif
3 Bacakada Bantaeng 2024 Diterima PAN Sulsel, Yusuf Badjido: Mereka Serius
Lantik Panwascam, Ketua Bawaslu Bantaeng : Jangan Main Main
24 Panwascam Resmi Dilantik, Bawaslu: Sudah Terukur di Pemilu Kemarin
Muhammad Sarif Pinang Moch Noer Alim Qalby – Alimuddin di Pilkada Jeneponto.

Berita Terkait

Selasa, 18 Juni 2024 - 23:38 WITA

Rangkaikan Konsolidasi, DPW JOIN Sulsel Gelar Halal Bihalal

Senin, 17 Juni 2024 - 18:28 WITA

Pererat Tali Silaturahmi, Pj Bupati dan Pj TP PKK Open House Rujab Bantaeng

Senin, 17 Juni 2024 - 18:24 WITA

Pj Bupati Bantaeng Laksanakan Shalat Idul Adha bersama Ribuan Masyarakat di Mesjid Agung

Senin, 17 Juni 2024 - 12:46 WITA

Sholat Ied Adha di Mesjid Agung, PJ Bupati Jeneponto: Sikap Tauladan Ikhlas Berkorban

Minggu, 16 Juni 2024 - 13:43 WITA

Ketersediaan Kantong Darah Menipis, PMI Jeneponto Gelar Donor Darah

Sabtu, 15 Juni 2024 - 20:07 WITA

Tingkatkan Hasil Pertanian, PJ Bupati Jeneponto Serahkan Bantuan Pompa Air

Sabtu, 15 Juni 2024 - 10:50 WITA

Resmikan Gedung Kanwil Kemenkumham Sulsel, Menkumham Tekankan ini! 

Sabtu, 15 Juni 2024 - 08:11 WITA

Optimalkan JAMSOSTEK, Pj Bupati Bantaeng Tandatangani Nota Kesepakatan

Berita Terbaru