PESMA Unismuh Makassar Siapkan 75 Imam dan Penceramah Selama Ramadhan 1442 H

PDAM MAKASSAR

MAKASSAR – Pesantren Mahasiswa (Pesma) KH. Djamaluddin Amien Unismuh Makassar sebelumnya dikenal Asmadina, selama bulan suci Ramadhan 1442 H, telah mempersiapkan imam salat dan penceramah akan disebar di tengah ummat yang membutuhkan.

Para imam salat dan penceramah itu berjumlah 75 mahasiswa Unismuh Makassar yang merupakan alumni dari Daurah Sepekan Tahfidzh dan Tadabbur Al-Qur’an 7 Juz, dilaksanakan pada 28 Pebruari 2021 sampai dengan 7 Maret 202I di Masjid Subulussalam Al Khoory Universitas Unismuh.

Prosesi penutupan daurah itu berlangsung, Ahad (7/3/2021), di Mini Hall Pesma KH Djamaluddin Amien Unismuh Makassar. Turut hadir pada acara itu Sekretaris BPH Unismuh Makassar, Mustaqim Muallim, S.Ag, Wakil Rektor III, Dr.H Muhammad Tahir, M.Si, Sekretaris Pendidikan Bahasa Arab, Muhammad Ibrahim, M.Pd.I, serta pengelola Pesma dan undangan lainnya

Acara daurah ini ditutup oleh Bendahara BPH Unismuh Makassar, Ir.H.Saleh Molla, MM, pada sambutan singkat mengapresiasi kegiatan mempersiapkan imam dan penceramah selama bulan puasa Ramadhan.

Kegiatan daurah ini yang pertama dihadiri mewakili Ketua BPH Unismuh Makassar, katanya.

Wakil Rektor IV Unismuh Makassar, Drs.H.Mawardi Pewangi, M.Pd.I pada sambutannya mengatakan, kegiatan ini yang pertama dihadiri mewakili Rektor Unismuh Makassar.

Daurah ini kegiatan positif dan merupakan terobosan awal dan ditingkatkan lagi pada bulan Ramadhan dengan kegiatan itikaf Ramadhan di masjid kampus, tandasnya.

Pada itikaf Ramadhan bisa mengundang utusan dari pondok pesantren se-Sulsel. Malah kalau sukses tahun mendatang dapat mengundang utusan dari Pesma Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia, ungkapnya.

Diawal acara diisi dengan pengajian yang dibawakan Kiyai Pesma KH Djamaluddin Amien, Al-Ustadz Dr. KH. Abbas Baco Miro, Lc.

Daurah Sepekan Tahfidzh dan Tadabbur Al-Qur’an 7 Juz, salah satu program unggulan Pesma KH Djamaluddin Amien dan akan terus ditingkatkan pada masa mendatang.

Beberapa daerah telah berkomunikasi dengan pengelola Pesma KH Djamaluddin Amien untuk dialokasikan imam salat dan penceramah di antaranya; Bantaeng, Toraja Utara, Luwu dan beberapa atas nama pribadi dan keluarga, katanya.

Kepala Pengelola Pesma KH. Djamaluddin Amien, Sitti Chaerani Djaya, S.Sos., M.Pd dalam laporannya mengatakan, para imam dan penceramah sebelum dilepas ke tengah ummat pada bula Ramadhan, akan dilaksanakan pelatihan imam dan penceramah pada pekan ketiga Maret 2021.

Daurah sepekan ini bertujuan mencetak kader ulama dan kegiatan ini jadi wadah terbaik bagi seluruh mahasiswa binaan Pesma KH. Djamaluddin Amien menemukan jati diri sebagai calon ulama, terlebih kepada mahasiswa binaan Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) Unismuh Makassar, ungkap Ketua Umum PW Nasyiatul Aisyiyah Sulawesi Selatan 2004-2008 ini.

Pada acara penutupan daurah sekaligus diumumka peserta terbaik 1, Muh Nizar menghapal Al-Quran sebanyak 16 juz dari mahasiswa Al-Birr Unismuh, disusul Muakmal sebanyak.10 juz mahasiswa PUTM,
Ahmad Zulkifli, 20 juz, Muhqaza, 9 juz .5 lembar dan Fauzi, sebanyak 9 juz. Perempuan, Nurul Izzah sebanyak 2 juz 6 lembar dan Nur Ika 2 juz. (ulla/yahya).

DINKES BTG

Bagaimana Tanggapan Anda?


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA