HPMT UIN Makassar Gelar Program Kerja Anak Sadar Hukum

PDAM MAKASSAR

JENEPONTO – Himpunan Pelajar Mahasiswa Turatea (HPMT) komisariat Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar sukses melaksanakan program kerja kegiatan Anak Sadar Hukum.

Kegiatan tersebut berlangsung pada hari sabtu, 03 April 2021 di gedung Sipitangarri dan dihadiri sebanyak 74 siswa kelas 2  SMA sederajat dari berbagai sekolah yang ada di Jeneponto.

Kegiatan tersebut bertemakan ” Meningkatkan kesadaran hukum anak bangsa sebagai langkah memprakarsai kemajuan bangsa”, yang bertujuan untuk memberikan stimulasi dan edukasi terhadap anak usia dini ( Remaja ) dalam upaya mencegah patologi sosial yang terjadi dalam lingkup remaja, berbagai kenakalan remaja yang sering terjadi seperti ; Obat-obatan, Narkotika, Seks bebas, geng motor, tawuran dan berbagai kenakalan remaja lainnya.

Kegiatan ANAK SADAR HUKUM yang dilaksanakan oleh HPMT Komisariat UIN Alauddin Makassar memuat sebuah konsep forum dialektis bagi anak siswa, yang kemudian dicanangkan 4 Materi ;
– Penegakan Hukum Pemilu, Yang dibawa oleh Ketua BAWASLU KAB. Jeneponto. Bpk. Syaiful, S.H. M.H.
– Upaya Pencegahan penyalahgunaan narkotika bagi remaja, dibawa oleh pihak kapolres jeneponto, Oleh Bpk AKP. Abd. Majid, S.Sos
– Perlindungan dan sistem peradilan Pidana anak, Dibawa oleh Demisioner Ketua HPMT Komisariat UINAM Periode 2017/2018 : Arifuddin S. S.H
– Kenakalan Remaja, Dibawa oleh Demisioner Ketua HPMT Komisariat UINAM Periode 2016/2017 : A. Muh. Nurkhaidir, S.H

“Dengan kegiatan ini, kita bisa menjelaskan kepada khalayak bahwa, organisasi pemuda (HPMT) adalah mitra kritis pemerintah dengan berafiliasi dan memberikan ruang atau fasilitas dalam hal edukasi terhadap generasi muda butta turatea”
-Aldi SaPutra ( Ketua HPMT Komisariat UINAM )

Kegiatan yang di naungi oleh Bidang Hukum & Advokasi HPMT Komisariat UINAM ini adalah salah satu program kerja prioritas yang pertama kali dilaksanakan dalam konsep yang seperti ini. Yang memuat ruang pendidikan untuk anak ditengah Pandemi Covid-19.

“Saya sangat bersyukur karena banyak yang mengapresiasi kegiatan ini & melihat antusias peserta yang cukup baik. Semoga kegiatan ini dapat menjadi pemantik peserta untuk lebih giat belajar dimana pun & dalam kondisi pandemi sekarang ini”
-Miftahul Jannah ( Kabid Hukum & Advokasi HPMT Komisariat UINAM)

DINKES BTG

Bagaimana Tanggapan Anda?


PERKEMBANGAN VIRUS CORONA