Salah Input Suara, Tim Hukum Bersama Relawan Sambangi KPU Jeneponto, PPK Sebut Suara Bahtiar Sesuai C Hasil

Editor : |

Minggu, 25 Februari 2024 - 11:05 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

JENEPONTO, Publikasi –– Sabtu 24 Februari 2024, tim hukum bersama dengan relawan Bahtiar mendatangi kantor KPU Jeneponto atas dugaan Kesalahan Penginputan Perolehan Suara Caleg DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dapil Jeneponto, Bantaeng, Selayar.

Melalui diskusi panjang, akhirnya menemukan solusi. PPK Kecamatan sudah membuat berita acara Catatan Kejadian Khsusus. Disitu tertulis, bahwa terjadi kesalahan proses penginputan perolehan suara di TPS 8 Desa Maccinibaji.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Semalam, ke KPU Jeneponto bersama dengan tim relawan Bahtiar. Sudah ada solusinya. Meski demikian atas kejadian itu, tetap akan kami tindak lanjuti prosesnya. Disini kan ada Bawaslu dan Sentra Gakkumdu dia punya kewenangan “, ujar Samsul, tim Hukum Bahtiar.

Menanggapi hal tersebut Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Sahanuddin mengatakan kesalahan penginputan perolehan suara caleg PKB di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang 60 suara milik nomor urut 1 Bahtiar.SE nyasar ke nomor urut 2 Rusdi Idrus.

“Suaranya Rusdi Idrus itu, hanya 3 sedangkan Bahtiar. SE sebanyak 60 suara di TPS 8. Semuanya ini sesuai dengan yang di C Pleno dan C hasil. Jadi, ini kesalahan penginputan. Kami sudah buatkan Catatan Khsusus Kejadian”, ujarnya

Ia menegaskan, akan menjalankan tugas sesuai dengan aturan. Bahwa suara tersebut yang sebanyak 60 itu akan di pertanggung jawabkan, dengan cara memperbaiki suara yang D.hasil Kecamatan DPRD Provinsi, yang sudah terinput disirekap.

“Itu pasti diperbaiki dan tidak bisa hilang suaranya pak Bahtiar.SE kita kembalikan, 1 suara saja kita tidak berani, apalagi 60 suara ini yang sudah jelas di C Pleno dan C. hasil. Nah, untuk perbaikan D. hasil itu akan dilakukan di KPU Jeneponto, nanti di bacakan di Pleno KPU”, sebutnya

Sebelumnya, Panitia Pemilihan Kecamatan Batang diduga melakukan kesalahan perekapan suara Caleg DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dapil 4 Jeneponto, Bantaeng, Selayar. Hal ini adanya saksi yang melakukan protes kepada anggota Panitia Pemilihan Kecamatan Batang, Kabupaten Jeneponto, Sabtu 24 Februari 2024 sore.

Hal tersebut disampaikan oleh Daeng Laja saksi dari Caleg PKB nomor urut 1 Bahtiar.SE. Setelah perekepan untuk Desa Maccini Baji TPS 8. Ia menegaskan jika dirinya tidak terima dari hasil rekapan yang dilakukan oleh anggota Panitia Pemilihan Kecamatan PPK Kecamatan Batang.

“Desa Maccini Baji tepatnya TPS 8 tidak ada suaranya pak Bahtiar, padahal C hasil itu, ada 60 suara untuk caleg nomor satu, sedangkan nomor dua hanya mendapatkan 3 suara dan suara partai ada 3, jadi total suara PKB itu ada 66 suara di TPS 8,” ujar Daeng Laja saksi Caleg PKB dari nomor satu.

Tak hanya itu, ia juga mendatangi kembali sekretariat PPK bersama tim lainnya dengan meminta kepada anggota PPK untuk memperbaiki kembali hasil rekapan yang ada D hasil Kecamatan DPRD Provinsi yang sudah dilakukan.

“Coba kita lihat C satunya pak, ini hasil rekapan sudah jelas salah tidak sesuai dengan hasil C satunya pak, ini akan merugikan caleg, dan ini baru satu TPS kita kasih salah pak, bagaimana kalau puluhan TPS dikasih salah begini pak,” tegas Daeng Laja.

Pada saat diprotes oleh saksi PKB, anggota PPK Kecamatan Batang langsung membuat surat kejadian khusus atau surat pernyataan keberatan oleh saksi. Menurut informasi, surat yang dibuat itu langsung dikirim ke KPU Kabupaten Jeneponto.

Sementara itu, Randy selaku timsus dari Bahtiar akan segera melaporkan anggota PPK Kecamatan Batang ke Bawaslu Jeneponto untuk menindaklanjuti dugaan kesalahan yang ada di perekapan suara D hasil ditingkat kecamatan DPRD Provinsi.

“Saya akan didampingi oleh tim hukum untuk melaporkan PPK Kecamatan Batang ke Bawaslu Kabupaten. Saya berharap agar menyusaikan yang ada di C satu hasil. Upaya yang dilakukan ini, agar tidak terjadi lagi hal serupa di Kecamatan lain dikemudian hari,” pungkasnya

Data yang diperoleh awak media, PPK Kecamatan sudah membuat catatan kejadian khusus atau keberatan saksi, yang bunyinya terjadi kesalahan proses penginputan perolehan suara pada TPS 8 Desa Maccinibaji.

“Pada partai PKB no urut 1 atas nama Bahtiar.SE memperoleh suara C hasil 60 sedangkan di D hasil direkap bertukar ke caleg no urut 2 atas nama Rusdi. Dibuktikan dengan C hasil,” begitu dalam surat yang diteken pihak PPK Kecamatan, Heri Wardana.

Facebook Comments Box

Editor :

Berita Terkait

Semarak Hari Anak Nasional, Bunda PAUD Terus Upayakan Pendidikan dan Pengasuhan Terbaik
Bawaslu Bantaeng Gelar Pembinaan Penyelesaian Sengketa, Ketua: Agar Profesionalisme
Dorong Peningkatan SDM, KT Desa Bonto Cinde Gelar Pelatihan LKKP
Tingkatkan Pelayanan Ibu Bersalin, PKM Campagaloe Lahirkan Inovasi SASKIA PUBER
Pengusaha Kalimantan asal Bantaeng Ajak Warga Nipa-Nipa Dukung Ilham Azikin
Tanam Pohon Bersama Dandim 1410 Bantaeng, Kades Bonto Lojong: Hijaukan Lingkungan
Atlet Badminton Putri Bantaeng Juara O2SN SMA/MA Tingkat Sulsel
Pj. Bupati Andi Abubakar Hadiri Pertemuan Dengan Menteri PAN-RB

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 22:49 WITA

Semarak Hari Anak Nasional, Bunda PAUD Terus Upayakan Pendidikan dan Pengasuhan Terbaik

Sabtu, 20 Juli 2024 - 22:44 WITA

Bawaslu Bantaeng Gelar Pembinaan Penyelesaian Sengketa, Ketua: Agar Profesionalisme

Sabtu, 20 Juli 2024 - 15:45 WITA

Dorong Peningkatan SDM, KT Desa Bonto Cinde Gelar Pelatihan LKKP

Sabtu, 20 Juli 2024 - 15:18 WITA

Tingkatkan Pelayanan Ibu Bersalin, PKM Campagaloe Lahirkan Inovasi SASKIA PUBER

Sabtu, 20 Juli 2024 - 12:47 WITA

Pengusaha Kalimantan asal Bantaeng Ajak Warga Nipa-Nipa Dukung Ilham Azikin

Jumat, 19 Juli 2024 - 21:15 WITA

Atlet Badminton Putri Bantaeng Juara O2SN SMA/MA Tingkat Sulsel

Jumat, 19 Juli 2024 - 16:42 WITA

Pj. Bupati Andi Abubakar Hadiri Pertemuan Dengan Menteri PAN-RB

Jumat, 19 Juli 2024 - 16:04 WITA

Lapas Berpartisipasi dalam Donor Darah di Kejari Bulukumba

Berita Terbaru