Menteri Kesehatan RI, Resmikan PT. Virtue Diagnostic Indonesia

Editor : |

Rabu, 6 Maret 2024 - 09:42 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Cikarang, Publikasi – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin meresmikan PT. Virtue Diagnostic Indonesia, yang merupakan perusahaan In Vitro Diagnostic (IVD) inovatif lokal bertaraf internasional, di Cikarang, Jawa Barat, pada Selasa 5 Maret 2024.

Kehadiran perusahaan ini sebagai bagian dari upaya membangun kemandirian Industri di bidang In Vitro Diagnostic (IVD) nasional yang bertujuan memenuhi kebutuhan reagen imunologi dan hematologi baik nasional maupun regional.

Menkes Budi mengatakan, komitmen dari PT. Virtue Diagnostic Indonesia, yang telah berinvestasi di Indonesia, akan sangat mendukung pilar ketiga transformasi kesehatan yang sedang dijalankan oleh Kementerian Kesehatan, yaitu sistem ketahanan kesehatan. Hal ini memungkinkan semua kebutuhan, mulai dari alat-alat kesehatan, obat-obatan, hingga vaksin, dapat diproduksi di dalam negeri.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Alat-alat ini dan reagennya atau bahan bakunya nanti akan banyak dibutuhkan dan selama ini kita masih impor. Namun, dengan adanya bantuan dari teman-teman Virtue yang membangun pabrik di Indonesia tentu sangat membantu dan kami sangat menghargainya,” kata Menkes Budi.

Terdapat dua alat kesehatan yang diproduksi oleh PT Virtue Diagnostic Indonesia, yakni hematology analyzer dan chemiluminescence immunoassay, yang dapat memenuhi kebutuhan di fasilitas pelayanan kesehatan baik puskesmas maupun rumah sakit. Kedua alat itu akan sangat bermanfaat untuk memeriksa kondisi atau status kesehatan masyarakat.

Lebih lanjut, Menkes Budi mengungkapkan bahwa mulai tahun ini pemerintah akan mengarahkan agar ada alokasi dana yang sangat besar untuk pengadaan alat-alat kesehatan yang diproduksi dalam negeri hingga 3-4 tahun ke depan. Hal ini agar Indonesia memiliki potensi besar dalam hal belanja layanan kesehatan sehingga dapat menjadi peluang besar bagi para investor.

“Jadi, kami akan melakukan pengadaan dengan kebijakan pemerintah. Kami akan menghubungi Anda para investor, terutama bagi perusahaan-perusahaan yang mengutamakan penelitian dan pengembangan serta manufaktur di Indonesia. Ini adalah untuk sistem ketahanan kesehatan kita,” ujarnya.

Menkes Budi berharap, produksi alat-alat kesehatan di dalam negeri akan membantu memenuhi kebutuhan dengan lebih cepat dan harga lebih terjangkau.

Sementara, Director PT. Virtue Diagnostic Indonesia Martin Marpaung mengatakan, pembangunan pabrik IVD Indonesia merupakan strategi untuk memperkuat basis produksi dan distribusi produk-produk Virtue di Indonesia serta memasuki pasar IVD di negara-negara Asia Tenggara.

“Dengan memiliki basis produksi di Indonesia sehingga bisa memenuhi kebutuhan produk domestik dan global akan produk-produk IVD yang berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau,” kata Martin dalam konferensi pers, Selasa 05 Maret 2024 kemarin.

Martin menjelaskan, produk unggulan dari IVD adalah produk instrumen dan reagen imunologi dengan teknologi Chemiluminescence (ChLIA) yang saat ini menjadi satu-satunya produk ChLIA yang diproduksi di Indonesia. Produk-produk Virtue yang diproduksi di Indonesia juga telah dilakukan uji klinis yang bekerja sama dengan Rumah Sakit Universitas Indonesia RSUI, RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), dan Rumah Sakit Akademik UGM Yogyakarta (RSA UGM).

Terdapat 4 grup produk yang telah dan akan diluncurkan di pasar domestik tahun ini, yakni produk imunologi, hematologi, kimia klinik, dan molekuler dengan menggunakan jenama VERCENTRA untuk instrumen dan VIRTUE untuk reagen.

Saat ini, Virtue Diagnostic Indonesia telah memiliki lebih dari 60 tenaga ahli yang berpengalaman untuk mendukung riset dan pengembangan serta produksi produk-produk IVD. Perusahaan juga memiliki fasilitas manufaktur yang mampu memproduksi lebih dari 1000 unit instrumen per tahun dan lebih dari 6.000 liter reagen per hari. Kapasitas produksi tersebut dapat ditingkatkan sesuai dengan peningkatan kebutuhan.

Martin menambahkan, Virtue Diagnostic Indonesia telah mendapatkan Sertifikat Standar Industri Alat Kesehatan dan Sertifikat Cara Pembuatan Alat Kesehatan yang Baik (CPAKB) pada Desember 2023 lalu.

“Kami bertekad untuk terus mendukung pemerintah untuk meningkatkan kompetensi manufaktur yang menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi sehingga Virtue Diagnostic Indonesia bisa menjadi manufacturing partner yang melayani kebutuhan domestik dan regional Asia Tenggara,” tuturnya.

Peresmian Pabrik IVD terbesar di Indonesia ini juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes RI Lucia Rizka Andalucia dan Pj Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin, dilansir www.kemkes.go.id

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik

 

 

 

 

Facebook Comments Box

Editor :

Berita Terkait

Tingkatkan Pelayanan Ibu Bersalin, PKM Campagaloe Lahirkan Inovasi SASKIA PUBER
Pengusaha Kalimantan asal Bantaeng Ajak Warga Nipa-Nipa Dukung Ilham Azikin
Tanam Pohon Bersama Dandim 1410 Bantaeng, Kades Bonto Lojong: Hijaukan Lingkungan
Atlet Badminton Putri Bantaeng Juara O2SN SMA/MA Tingkat Sulsel
Pj. Bupati Andi Abubakar Hadiri Pertemuan Dengan Menteri PAN-RB
Lapas Berpartisipasi dalam Donor Darah di Kejari Bulukumba
82 Kepala Desa di Jeneponto Dijadwalkan Dikukuhkan, Ini Tanggal dan Tempatnya!
Sekjen LIDIK PRO Didampingi Ketua DPP Sulsel Serahkan SK Defenitif DPD Bulukumba

Berita Terkait

Sabtu, 20 Juli 2024 - 15:18 WITA

Tingkatkan Pelayanan Ibu Bersalin, PKM Campagaloe Lahirkan Inovasi SASKIA PUBER

Sabtu, 20 Juli 2024 - 12:47 WITA

Pengusaha Kalimantan asal Bantaeng Ajak Warga Nipa-Nipa Dukung Ilham Azikin

Jumat, 19 Juli 2024 - 22:41 WITA

Tanam Pohon Bersama Dandim 1410 Bantaeng, Kades Bonto Lojong: Hijaukan Lingkungan

Jumat, 19 Juli 2024 - 21:15 WITA

Atlet Badminton Putri Bantaeng Juara O2SN SMA/MA Tingkat Sulsel

Jumat, 19 Juli 2024 - 16:42 WITA

Pj. Bupati Andi Abubakar Hadiri Pertemuan Dengan Menteri PAN-RB

Jumat, 19 Juli 2024 - 13:24 WITA

82 Kepala Desa di Jeneponto Dijadwalkan Dikukuhkan, Ini Tanggal dan Tempatnya!

Jumat, 19 Juli 2024 - 11:57 WITA

Sekjen LIDIK PRO Didampingi Ketua DPP Sulsel Serahkan SK Defenitif DPD Bulukumba

Jumat, 19 Juli 2024 - 11:52 WITA

Bawaslu Bantaeng Tingkatkan Kapasitas Pengawas Ad-Hoc Hadapi Pemilu 2024

Berita Terbaru

Nasional

Pj. Bupati Andi Abubakar Hadiri Pertemuan Dengan Menteri PAN-RB

Jumat, 19 Jul 2024 - 16:42 WITA